Apa itu portofolio investasi?




Definisi Portofolio


Portofolio adalah sekumpulan aset yang berupa investasi yang kamu miliki. Investasi tersebut bisa berupa deposito, sertifikat bank, obligasi dan saham perusahaan.

Obligasi dan Saham


Obligasi adalah kontrak yang menyatakan bahwa investor telah meminjamkan sejumlah uang kepada perusahaan yang berkewajiban untuk membayar bunga secara reguler sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan. Saham adalah surat berharga yang merupakan tanda kepemilikan terhadap suatu perusahaan.


Mulai Menabung Investasi


Download aplikasi Bibit, daftarkan akun reksa dana perdanamu dengan mengisi data pribadi yang akan digunakan oleh Bibit untuk merekomendasi portofolio sesuai dengan profil resiko yang sesuai dengan kamu.




Jika saya menabung, danaku ada dimana?


Reksa Dana

Wadah dan pola pengelolaan dana untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek lainnya.


Profil Resiko

Tidak ada investasi yang bebas dari resiko. Resiko reksadana terbagi menjadi empat, yakni: konservatif, moderat, moderat agresif dan agresif. Dimana konservatif merupakan resiko paling rendah, tetapi memiliki potensi pendapatan yang rendah juga; Hingga agresif yang merupakan resiko paling tinggi, tetapi memiliki potensi pendapatan yang tinggi juga.


Diversifikasi

Danamu tidak terfokus pada satu investasi pada satu perusahaan, ini jelas mengurangi risiko meski tidak dapat menghilangkannya. Dengan kata lain resiko yang ada, tidak terpusat pada satu jenis investasi tetapi tersebar. Bila portofolio yang kamu pilih menempatkan dana investasi di 20 perusahaan dan 3 diantaranya mengalami kerugian, kamu tidak perlu cemas sebab ada belasan perusahaan lainnya yang mendapatkan keuntungan.


Performa Terbaik

Portofolio yang disajikan di Bibit, merupakan portofolio dengan performa terbaik selama lima tahun terakhir di dalam kategori profil resikonya. Kamu hanya tinggal memilih portofolio sesuai dengan seleramu.




Kenapa Bibit berbeda?



Serba Otomatis


Bibit dapat mengingatkan kamu untuk menabung berkala setiap minggu atau setiap bulan. Kamu juga tidak perlu lagi meluangkan waktu untuk bertemu dengan agen untuk tanda tangan dokumen setiap kali menabung investasi.

Bebas dari Ikatan Tenor Waktu dan Biaya


Di Bibit dana kamu likuid, dengan kata lain tabungan kamu bebas dari ikatan tenor waktu dan juga tidak ada penalti tenor waktu untuk setiap tabungan yang kamu pilih. Pencairan dan penabungan juga tidak dikenakan biaya tambahan.


Bantuan Saat Dibutuhkan


Tim pendukung Bibit akan senantiasa membantu setiap keluhan dan meresponi feedback kamu.




Tidak memiliki Bibit?

Daftar hari ini, memulai menjadi bagian dari keluarga sehat keuangan